MULTIMEDIA
A. Definisi
Multimedia berasal dari kata ‘multi’ dan ‘media’. Multi berarti banyak, dan Media berarti tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Jadi kata ‘Multimedia’ dapat dirumuskan sebagai wadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Multimedia ini akan diatur melalui software dalam komputer dan terdapat interaksi antara media dan pengguna. Ahli dalam bidang ini, Robin dan Linda mengungkap Multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video. Selain itu, Menurut Vaughan (2008) Multimedia adalah gabungan berbagai media dan disampaikan melalui komputer atau perangkat digital. Jadi, Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Contoh Multimedia sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Multimedia hampir ada di berbagai tempat dan menyediakan berbagai informasi penting yang berguna bagi kehidupan manusia. Contoh di antaranya adalah Televisi, Radio, Internet, Film dan juga Musik.
B. Jenis Multimedia berdasarkan perkembangan
Multimedia
memiliki berbagai jenis di antaranya :
1. Multimedia
Interaktif
Multimedia interaktif merupakan media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi dan suara untuk menyampaikan suatu pesan dan informasi, melalui media elektronik seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya. dimana pengguna dapat mengoperasikan melalui navigasi yang disediakan dengan menggunakan mouse, keyboard atau perangkat input lainnya. Beberapa contoh dari jenis Multimedia interaktif adalah Aplikasi Game, CD Interaktif, virtual reality, program aplikasi dan lain sebagainya.
2. Multimedia
Linier
Multimedia linier merupakan multimedia dengan stuktur yang berjalan lurus dan tidak dapat dikontrol oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan). Pemakai hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir. Produk Multimedia jenis linier sangat umum di masyarakat beberapa contohnya adalah siaran televise dan film.
3. Multimedia
Hiperaktif
Multimedia Hiperaktif merupakan multimedia yang mempunyai struktur dengan elemen-elemen terkait yang dapat diarahkan oleh pengguna melalui tautan (link) dengan elemen-elemen multimedia yang ada. Multimedia ini juga mempunyai nama sebutan lain yaitu istilahnya Richmedia. Contoh dari multimedia hiperaktif antara lain: world wide web, website dan game online.
C.
Perangkat Multimedia
Merupakan
kumpulan program yang berfungsi sebagai otak dari sistem komputer multimedia.
Program-program ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :
1. Bahasa
Pemrograman Multimedia
Merupakan media (bahasa-bahasa) yang
digunakan oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi
(program) dalam multimedia. Menurut tingkatannya bahasa pemrograman multimedia
dibagi menjadi 2, yaitu :
· Bahasa
Pemrograman Tingkat Rendah
Merupakan bahasa
pemrograman yang disebut juga bahasa mesin karena kode komputer ditulis dengan
binary atau kode mesin sehingga lebih sulit dipahami oleh manusia. Contoh
bahasa tingkat rendah adalah assembly yang biasa digunakan untuk membuat game
(Nintendo Entertainment System / NES, SEGA, maupun Nemesis)
· Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Bahasa
pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang dirancang dengan fokus
pada keterbacaan manusiawi karena kode/syntax bahasa pemrograman ini lebih mudah
dipahami dan digunakan oleh manusia. Dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi,
programmer yang ingin berkomunikasi dengan komputer tidak perlu memiliki
pengetahuan khusus terhadap perangkat keras atau prosesor sebuah komputer
dimana aplikasi program akan dijalankan. Contoh bahasa pemrograman tingkat
tinggi yang digunakan secara aktif saat ini meliputi Python , JavaScript ,
Visual Basic , Delphi , Perl , PHP , ECMAScript dan sebagainya.
2. Perangkat
Lunak Sistem Multimedia
Terdiri dari sistem operasi dan program
utility. Sistem operasi yang dimaksudkan adalah suatu system yang terdiri dari
komponen-komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan di
dalam komputer Perangkat lunak ini
terdiri dari sistem operasi (operating system) semisal DOS (disc operating
system), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX,
Linux, atau Mac OS. Perangkat lunak lain ialah aplikasi utilitas (utility
application) semisal aplikasi antivirus.
3. Perangkat
Lunak Aplikasi Multimedia
Merupakan perangkat lunak yang dapat
digunakan untuk mengolah beberapa media maupun informasi seperti teks, image /
gambar, audio grafik, video. Perangkat lunak multimedia memiliki beberapa jenis,
antara lain :
- Media
player : merupakan sejenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah
informasi dalam bentuk audio atau video. Beberapa aplikasi media player
biasanya sudah dapat memutar informasi baik video maupun audio. Contoh dari
media player adalah XXMS, Power DVD, Winamp dan lain-lain.
- Image
Editor : Perangkat lunak ini memiliki fungsi untuk menggambar dan mengedit
image atau foto.
- Audio/Video
Editor : Jenis perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mengedit dan membuat
media dalam bentuk video dan audio. Prose pengeditan video dan audio biasanya
berupa konversi format, manipulasi kualitas, dan masih banyak lagi
Komentar
Posting Komentar